fbpx
anak sehat

Turun Nafsu Makan pada Anak, Apakah Cacingan?

Di masa pertumbuhan anak, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah pola makan. Namun, kerap kali orang tua menemukan kesulitan dalam mengatasi nafsu makan anak. Pada proses pertumbuhan terkadang anak mengalami sulit makan hingga sulit naik berat badan. Apakah turun nafsu makan pada anak ini berarti anak mengalami cacingan? Simak artikel berikut ini.

Turun Nafsu Makan pada Anak, Apakah Cacingan?

Menjaga pola makan anak memang bukanlah hal yang mudah. Tak jarang anak tiba-tiba mengalami penurunan nafsu makan sampai sulit untuk menghabiskan makanan. Fakta lainnya, hal ini kadang dikaitkan dengan fenomena ‘cacingan’. Hal ini karena Indonesia adalah daerah endemis cacingan.

Penyakit cacingan juga kerap diderita oleh anak-anak di usia balita hingga sekolah. Cacingan sendiri bisa terjadi akibat dari kurangnya menjaga kebersihan di lingkungan anak. Selain itu, anak juga bisa tertular cacingan lewat larva atau telur cacing yang mudah didapati di berbagai tempat. 

Gejala Cacingan Umum pada Anak

Bicara soal turun nafsu makan pada anak, ada baiknya kita perlu memerhatikan beberapa hal. Hal ini karena penurunan nafsu makan pada anak belum tentu mengarah ke penyakit cacingan. Akan tetapi, ada baiknya untuk orang tua terus memerhatikan beberapa gejala pada anak untuk menghindari kemungkinan anak terkena cacingan.

Ada beberapa gejala yang perlu ditinjau ketika timbul kecurigaan tersebut. Salah satu hal yang bisa ditinjau adalah feses atau tinja anak. Karena hal itulah yang bisa menunjukkan secara jelas apakah anak mengalami cacingan atau tidak. Akan tetapi, ada pula beberapa gejala lain seperti penurunan berat badan, lesu, diare sampai nyeri pada perut. Gejala lainnya yang mungkin terlihat adalah buncit pada perut anak. 

Untuk menjaga nafsu makan anak, Bunda bisa mencoba Curvino Kids! Dapatkan Curvino Kids di berbagai toko obat, apotek, Kimia Farma hingga e-commerce kesayanganmu.

Baca Juga Penyakit Hepatitis Pada Anak, Apakah Berbahaya?

Infromasi lainnya, silakan cek linimasa kami di:
Instagram : @untukanak
Facebook : Untuk Anak Page

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *